5 Penyakit Yang Bisa Menular Melalui Air Liur

Air liur merupakan komponen penting di dalam proses pencernaan dan berfungsi untuk membantu mencerna makanan serta menjaga keseimbangan mulut. Nah, air liur juga ternyata dapat menjadi perantara penyebar penyakit, entah itu melalui kontak fisik seperti ciuman atau melalui udara ketika bersin. Penasaran penyakit apa saja yang bisa menular melalui air liur ? Yuk simak terus uraian berikut ini :

5 Penyakit Yang Bisa Menular Melalui Air Liur

air liur

  1. Flu
    Virus flu dan batuk memang sangat mudah sekali menular apalagi jika kondisi tubuh kita sedang tidak cukup sehat. Flu dapat ditularkan melalui kontak fisik langsung dengan penderita, penularannya pun melalui pertukaran cairan seperti liur dari mulut atau hidung. Usahakan bila anda sedang flu lebih baik jangan melakukan kontak fisik yang dapat menyebabkan pertukaran air liur dengan orang lain, usahakan juga menutup hidung dan mulut ketika bersin agar tidak menyebar kepada orang lain.
  2. Hepatitis B
    Penyakit yang menyerang hati ini cukup membahayakan, apalagi penularannya yang mudah melalui air liur patut kita waspadai. Apalagi jika sampai terjadi pertukaran darah, darah yang mengandung virus hepatitis B jika mengalir ke tubuh seseorang maka secara pasti akan menyebar dan sama-sama menderita hepatitis kronis maupun hepatitis akut.
  3. Virus Epstein-Barr
    Jenis infeksi virus ini cukup sering muncul, gejalanya seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri tenggorokan, dan rasa lelah yang berkepanjangan. Penyakit ini dapta menular melalui proses berciuman dan dikenal dengan sebutan Infectious Mononucleosis.
  4. Virus Meningitis
    Infeksi virus meningitis merupakan salah satu yang berbahaya juga, bagaimana kita ketahui virus meningitis sering menyebar pada lapisan yang menutupi otak dan sistem saraf pusat. Selain berbahaya penyakit ini juga dapat mudah menular melalui air liru. Gejalanya yaitu nyeri kepala, demam, menggigil, lemas, mual, nyeri leher dan tidak sadarkan diri.
  5. Cytomegalovirus
    Cytomegalovirus atau CMV merupakan virus yang sering tersebar di kalangan remaja. Bila seseorang yang telah terinfeksi oleh virus tersebut maka akan terinfeksi seumur hidup. Penyebaranya pun bisa melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, seperti air liur, urine ataupun darah.

Cegah penularan penyakit melalui air liur dengan tidak melakukan kontak fisik yang dapat menyebabkan pertukaran air liur ataupun bisa juga dengan cara menutup hidung dan mulut ketika batuk dan bersin, sejatinya kita tidak ingin orang-orang disekitar kita sakit. Tingkatkan kan juga sistem kekebalan di dalam tubuh kita dengan selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang lengkap. Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFAAT

This entry was posted in health and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *